You are here: Home » Berita » LPPM UNMAS DENPASAR GELAR SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM BINA DESA BAGI PENGURUS UKM, BEM, HMPS UNMAS

LPPM UNMAS DENPASAR GELAR SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM BINA DESA BAGI PENGURUS UKM, BEM, HMPS UNMAS

Senin, 19 Agustus 2013 bertempat di Gedung Widya Sabha Kampus Soka Universitas Mahasaraswati Denpasar, diadakan acara Sosialisasi dan Pelatihan Penyusunan Program Bina Desa bagi pengurus UKM, BEM, HMPS yang ada di lingkungan Unmas Denpasar.

Peserta, Pembina dan Undangan yang hadir

Acara tersebut diawali dengan pembukaan pada pukul 09.00 wita kemudian dilanjutkan dengan laporan ketua panitia yakni bapak Drs. I Made Diarta, M.Si. dalam pidatonya beliau mengungkapkan bahwa sebagai wujud kepedulian terhadap permasalahan masyarakat desa, dan sebagai implementasi dharma pengabdian kepada masyarakat maka Unmas Denpasar telah menetapkan Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli sebagai desa binaan selama empat tahun ke depan (2013 – 2016). Kegiatan pengabdian masyarakat, yang meliputi kuliah kerja nyata (KKN), pengabdian masyarakat di tingkat universitas, fakultas, program studi, BEM, HMPS sampai unit kegiatan mahasiswa (UKM) difokuskan di Desa Peninjoan. Agar segenap civitas akademika Unmas Denpasar mengetahui secara komprehensif tentang program desa binaan, maka perlu dilakukan sosialisasi kepada Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Sehingga mereka memiliki pemahaman yang memadai tentang program desa binaan, untuk kemudian mampu menyusun dan melaksanakan program kerja di desa binaan, maka LPPM Unmas Denpasar mengadakan sosialisasi dan pendampingan penyusunan program kerja.

P1030705

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I, bapak Dr. A. A Gede Agung, M.Si beliau mengungkapkan bahwa pelatihan yang diselenggarakan sangat strategis bagi organisasi kemahasiswaan. Sehingga diharapkan mampu membuat program sesuai dengan bidangnya. Sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut adalah Ketua LPPM Unmas Denpasar, bapak Prof. Dr. Sang Putu Kaler Surata, M.S. dan Wakil Rektor IV Unmas Denpasar yakni ibu Dr. Ir. Nyoman Utari Vipriyanti, M.S.

Ketua LPPM Unmas Denpasar, menjelaskan dalam membina desa binaan, Unmas Denpasar melibatkan Mahasiswa sebagai ujung tombak Universitas. Melalui pelatihan tersebut semua mahasiswa diarahkan memiliki tiga ciri khas yakni konsep berkelanjutan, literasi budaya, mengimplementasikan literasi budaya lokal dan konsep teknoliterasi yakni memanfaatkan teknologi bukan saja sebagai pemakai juga memproduksi. Dengan demikian kemahasiswaan menggunakan tiga roh tersebut disesuaikan dengan konteks dan visi organisasi. Selain dijadikan sasaran melalui program terpadu ini pula berdampak positif bagi masyarakat desa binaan. Dengan demikian desa binaan akan digarap secara komprehensif sesuai visi Unmas dalam bidang pariwisata budaya.

Presentasi Program Kerja

Usai Pelatihan dan pendampingan penyusunan program kerja UKM, BEM dan HMPS yang didampingi oleh masing-masing pembina, dilanjutkan dengan Presentasi Program Kerja dari masing-masing UKM, BEM dan HMPS. Acara tersebut ditutup pada pukul 16.00 Wita.

Foto bersama acara sosialisasi

Comments are closed.

Scroll To Top