Breaking News
You are here: Home / Berita / Agenda / WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN
WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN

WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI DOSEN

Tepat pada tanggal 4 Mei 2019, LPPM Unmas mengadakan “Workshop Peningkatan Kompetensi Dosen” untuk meningkatkan kinerja dosen Universitas Mahasaraswati Denpasar terutama di bidang luaran penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bentuk Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Dalam kesempatan kali ini Universitas Mahasaraswati Denpasar mendatangkan tiga orang narasumber, yaitu:

  1. Dr.Ir. Mustangimah, M.Si. , menyampaikan Kebijakan Strategis Penelitian Terkait Panduan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Tahun 2019 Edisi XII. Penyampaian materi tersebut sangat penting bagi dosen untuk menentukan strategi yang tepat di dalam merancang penelitian dan menentukan luaran yang sesuai dengan skim penelitianya. Dalam kesempatan ini dosen Unmas banyak melakukan diskusi dan sharing pengalaman mengenai judul penelitiannya yang belum berhasil lolos seleksi dikti.
  2. Dr.rer.net. I Gusti Ngurah Suryaputra, ST.,M.Sc., menyampaikan materi Publikasi Artikel di Jurnal Internasional. Beliau menyampaikan bahwa sangat penting untuk menggunakan referensi mutakhir 5 tahun terakhir di dalam pembuatan artikel internasional. Secara ringkas beliau menyampaikan bahwa sebelum menentukan judul penelitian hendaknya peneliti mencari referensi yang valid, menentukan metodologi dan setelahnya baru menentukan judul penelitian. Walaupun peneliti memiliki judul yang baik, namun apabila tidak memiliki referensi yang mutakhir akan ditolak oleh Jurnal Internasional yang memiliki “Q” tinggi. Lebih lanjut beliau pun menyarankan agar setiap dosen menggunakan aplikasi referensi manager seperti EndNote, Mendeley, Zotero serta aplikasi editing grafic seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan lain sebagainya.
  3. Dr.M.Alfian Mizar, MP., menyampaikan trik dan tips bagaimana cara di dalam mengajukan HKI. Beliau menjelaskan bahwa Unmas perlu meningkatkan Kualitas dan Kuantitas dalam Hal Kekayaan Intelektualnya. Walaupun sebelumnya sudah banyak memiliki HKI dalam bentuk Hak Cipta. “Sentra HKI harus segera dibentuk, agar ada unit yang khusus mengelola HKI Unmas” Ungkap beliau.

Adapun peserta dari acara workshop ini adalah perwakilan masing-masing dosen di seluruh jurusan yang ada di Universitas Mahasaraswati Denpasar yang berjumlah kurang lebih 85 orang. Merespon dari penyataan Bapak r.M.Alfian Mizar, MP., Bapak Rektor Unmas Denpasar menyatakan akan segera membentuk Sentra HKI di Universitas Mahasaraswati Denpasar

MATERI WORKSHOP:

Unmas- 04052019 – Kebijakan Penelitian dan Strategi Peningkatan Kualitas Proposal

UNMAS 4 Mei 2019

Workshop HKI UNMAS Denpasar 2019_opt-compressed(2)

 

WhatsApp Image 2019-05-04 at 17.38.24

WhatsApp Image 2019-05-04 at 12.49.26  WhatsApp Image 2019-05-04 at 12.49.23(1)   WhatsApp Image 2019-05-04 at 12.21.59

 

 

About admin

Comments are closed.

Scroll To Top