Proses belajar mengajar terdiri dari dua kegiatan utama yang penting dan tidak terpisahkan, yaitu: pengajaran dan penilaian. Keduanya tidak dapat dipisahkan karena pengajaran selalu diikuti dengan pemberian penilaian untuk mengetahui kemampuan dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran yang diajarkan. Selain itu, penilaian dapat digunakan untuk memperkuat prestasi belajar siswa dan memotivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran lebih jauh dan lebih mendalam. Hal ini juga digunakan sebagai alat untuk menunjukkan apakah tujuan pembelajaran telah dicapai oleh siswa atau perlu dilakukan perbaikan pembelajaran lebih lanjut secara intensif. Penilaian adalah suatu proses kegiatan untuk mengetahui apakah suatu program yang telah ditetapkan berhasil atau tidak. Untuk mengetahui informasi tentang penilaian maka digunakan pengukuran, baik menggunakan instrumen tes maupun nontes. Tes itu sendiri berarti menyajikan sekumpulan pertanyaan atau tugas untuk dijawab atau dikerjakan. Jadi, penilaian adalah suatu proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana, dan dalam hal apa, bagaimana tujuan pendidikan telah tercapai, apa dan bagaimana belum tercapai dan apa penyebabnya, serta apa tindak lanjutnya.
Pentingnya penilaian dalam pembelajaran menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. mata kuliah ini hadir untuk memberikan bekal kepada mahasiswa mengenai konsep penilaian, tujuan, manfaat dan penerapan penilaian di kelas. Pentingnya penilaian tentu harus ditopang dengan adanya materi ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Kurangnya sumber belajar terkait penilaian yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa menjadikan alasan diterbitkannya buku dengan judul “Language Learning Assessment” ini. Buku ini merupakan buku ajar yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi terkait penilaian dalam pembelajaran Bahasa, khususnya Bahasa Inggris. Buku ini berisi latar belakang penilaian dan konsep-konsep penilaian dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Buku Language Learning Assessment memuat prinsip-prinsip penilaian Bahasa, Teknik penilaian keempat kemampuan berbahasa dan juga desain rubrik penilaian dan penskoran keempat kemampuan berbahasa tersebut. Buku ini diharapkan dapat menjadi buku ajar yang digunakan sebagai referensi belajar mahasiswa dalam mata kuliah language learning assessment."