Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika merupakan sekumpulan materi tentang bagaimana mengajar dan membelajarkan matematika yang tepat sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran dan perkembangan zaman sehingga mampu membentuk pemahaman dan karakter yang kuat pada mahasiswa sebagai pendidik, pengembang dan peneliti matematika.
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Matematika adalah:
CPL 3 (S3): Mampu menunjukkan perilaku mandiri, bertanggungjawab, pantang menyerah, semangat wirausaha dan peduli terhadap masyarakat.
CPL 4 (P1): Mampu menguasai konsep pedagogi dan didaktik pendidikan serta keilmuan pendidikan untuk pembelajaran yang kreatif, inovatif, berorientasi budaya serta berwawasan global
CPL 9 (KK1): Mampu mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis pendidikan serta keilmuan Pendidikan untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang kreatif, inovatif, berorientasi budaya serta berwawasan global
CPL 14 (KU1): Mampu mengkaji implikasi pengetahuan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora pada bidang keahliannya dengan menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif.
Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) Strategi Pembelajaran Matematika adalah diharapkan setelah mengikuti perkuliahan Strategi Pembelajaran Matematika mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan hakekat pembelajaran matematika dan berbagai strategi pembelajaran matematika yang sesuai dengan perkembangan zaman serta mampu menuliskan satu kisah kreatif dan inspiratif dari guru yang bersumber dari pengalaman mahasiswa.
Buku ini diharapkan menjadi buku rujukan utama pada mata kuliah strategi pembelajaran matematika. Dimana keunggulan dari buku ini adalah disusun berbasis Outcome Based Education (OBE), disesuaikan dengan kebutuhan perkembangan zaman abad 21, ditulis secara rinci dengan disertai contoh-contoh penerapan, dan setiap akhir bab disertai soal-soal uji capaian pembelajaran. Buku ini juga diharapkan bisa digunakan oleh khalayak umum, utamanya guru-guru dan akademisi dalam membelajarkan matematika di sekolah maupun sebagai referensi dalam riset yang dilakukan.