Buku ajar ini disusun sebagai acuanutama bagi mahasiswa, khususnya calon pendidik, dalam menempuh perjalanan transformatif dari pembelajar menjadi pemimpin perubahan. Di tengah tantangan pendidikan abad ke-21, peran seorang guru tidak lagi terbatas pada penyampaian ilmu di ruang kelas. Guru kini dituntut untuk menjadi agen perubahan yang peka, inovatif, dan mampu menggerakkan ekosistem pendidikan ke arah yang lebih baik. Untuk menjawab tantangan tersebut, dibutuhkan lebih dari sekadar penguasaan pedagogik; diperlukan jiwa kepemimpinan yang tangguh, etis, dan berorientasi pada pelayanan.
Buku ajar ini disusun untuk menjembatani antara teori kepemimpinan dengan praktik nyata di lapangan. Melalui Project-Based Learning dan Service Learning, mahasiswa tidak hanya akan mempelajari konsep, tetapi juga mengalaminya secara langsung. Materi di dalamnya disusun secara sistematis mengikuti siklus proyek yang utuh: mulai dari membangun visi dan merancang ide yang berdampak, mengelola implementasi dan dinamika tim, melakukan monitoring dan evaluasi yang cermat, hingga melaporkan dan mengkomunikasikan hasil karya secara profesional.