Perspektif Salingtemas Dalam Pembelajaran ini merupakan buku penting yang diperlukan oleh para mahasiswa, para peneliti, dan dosen perguruan tinggi terutama untuk menerapkan pendekatan pembelajaran inovatif yang berbasis Sains, Teknologi, Lingkungan dan masyarakat. Buku ini sangat berbeda dengan buku salingtemas yang telah ada dipasaran karena mengintegrasikan konten kearifan lokal yakni subak serta berbagai aspek yang menyertainya dengan pembelajaran abad ke-21 yang mengedepankan pilar 4C’s yaitu Communication, Critical Thinking Skill, dan Collaboration berbasis literasi digital. Konten kearifan lokal yang bahasa dalam buku ini tidak hanya bersifat teoritis semata, akan tetapi juga menggunakan data-data empiris penelitian yang telah dilakukan oleh penulis maupun tim sehingga akan memperkaya konteks salingtemas itu sendiri. Fokus utama dari buku ini adalah bagaimana konten kearifan lokal yang bernilai universal seperti subak dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa maupun mahasiswa, melakukan aktivitas pembelajaran dalam subak, konsep konservasi biokultur di dalam subak dan bagaimana menggunakan atau memanfaatkan e-learning dengan subak itu sendiri.